Sunday, October 25, 2015

Apa yang dimaksud dengan Penelitian (Research)?

penelitian
Research berasal dari kata Perancis (kuno) recerchier atau recherche yang merupakan penggabungan dari "re" + "cerchier" atau "sercher" yang berarti mencari atau menemukan atau to travel through or survey.  Term ini mulai digunakan sejak 1977.  Lambat laun arti istilah reseach/penelitiah mengalami penyempurnaan.

Menurut Shuttleworth (2008), research dalam arti luas dapat diartikan sebagai kegiatan pengumpulan data, informasi dan fakta untuk kemajuan pengetahuan; sedangkan Woody seperti yang dikutip Whitney (1960) menyatakan, research dapat diartikan sebagai suatu penyelidikan atau suatu upaya penemuan (inquiry) yang dilakukan secara hati-hati dan/atau secara kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang sangat cerdik untuk menetapkan sesuatu.  

Adapun Kerlinger (1963:11) menyatakan "scientific research is systematic, controlled, emperical, and critical investigation of hypothetical proposistions about the presumed relation among natural phenomena".  Ini berarti bahwa penelitian yang bersifat ilmiah merupakan suatu kegiatan penyelidikan yang sistematis, terkendali/terkontrol, dan bersifat empiris dan kritis mengenai sifat atau proposisi tentang hubungan yang diduga terdapat di antara fenomena yang diselidiki.

Sejalan dengan pendapat sebelumnya, Best (1981:18) menyatakan bahwa : "Reseach may be defined as the systematic and objective analysis and recording of controlled observations that may lead to the development of generalizations, principles, or theories, resulting in prediction and possibly ultimate control of events".  Ia menegaskan bahwa penelitian itu merupakan suatu analisis sistematis dan objektif, dan observasi yang terkontrol yan gmembimbing ke arah pengembangan generalisasi, prinsip, teori, prediksi, dan tujuan berdasarkan kejadian-kejadian.



Sumber : Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd, Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014), Cet. 1, h. 25-26

(Tanpa perubahan dari sumber)


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Ayo Berguru - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz